4 faktor berikut ini yang sangat berpengaruh terhadap Investasi

Investasi memiliki pengaruh yang besar terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi suatu wilayah baik itu daerah maupun negara. Dengan adanya investasi ini pula dapat meningkatkan pendapatan negara seperti melalui pajak.

Akan tetapi berhasil tidaknya kegiataan penanaman modal tersebut sangat tergantung pada beberapa faktor. Sebab faktor- faktor yang mempengaruhi Investasi inilah yang menjadi penentu tingkat keberhasilan investasi tersebut

Seberapa banyak faktor yang mempengaruhi Investasi ???

Faktor- faktor yang mempengaruhi Investasi antara lain seperti Nilai Tukar,  Tingat suku bunga, Tingkat Inflasi, dan Infrastruktur.

Peran empat faktor tersebut sangatlah besar dalam menentukan tingkat keberhasilan investasi, serta juga bisa membantu meminimalisir resiko yang mungkin bisa terjadi.

Bagaimana pengaruh Nilai tukar, Suku Bunga, Inflasi dan Infrastruktur bisa mempengaruhi Investasi

Secara teori memang dikatakan bahwa tingkat nilai tukar sangat mempengaruhi investasi sebab tingkat atau nilai tukar sendiri memiliki sifat yang tidak pasti ( uncertainly), sehingga perubahan nilai tukar atau kurs ini akan berdampak pada sisi penawaran domestik maupun sisi permintaannya.

Jika nilai tukar kurs mengalami penurunan makan dapat menyebabkan kenaikan tingkat harga secara umum lalu dilanjutkan dengan penurunan permintaan domestik masyarakat. Gejala seperti ini jika terjadi pada tingkat perusahaan maka akan adanya penurunan terhadap alokasi modal atau pengeluaran investasi.

Sementara tingkat suku bunga sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap dorongan untuk melakukan investasi. Sebab pada tahap produksi, pegolahan bahan baku atau barang modal akan memerlukan modal kain untuk menghasilkan barang final.

Tingkat inflasi sendiri memiliki pengaruh yang negatif terhadap tingkat investasi karena tingginya tingkat inflasi dapat menyebabkan resiko proyek investasi dan dapat mengurangi masa jatuh pinjaman modal dan juga akan menimbulkan distrosi informasi mengenai harga-harga relatif.

Infrastruktur yang juga sebagai salah satu dari faktor-faktor yang mempengaruhi investasi ini merupakan pengaruh yang juga tidak kalah penting untuk mengundang banyak investor masuk ke suatu negara.

Sepertu halnya pemerintah indonesia yang mengundang investor yntuk menanamkan modalnya dalam sektor informasi sepeti sumber energi listrik, sumber daya air, pelabuhan bahkan jalan tol.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *