Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga terhadap Investasi Saham

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam berinvestasi, faktor-faktor tersebut ialah Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar, Inflasi, Kondisi eksternal maupun kondisi Internal. Faktor yang paling sering berpengaruh ialah Suku bunga khususnya pada Investasi Saham

Mengapa Suku Bunga mempengaruhi Investasi Saham?

Jika saat ini kamu memiliki komitmen untuk berinvestasi saham atau melakukan trader saham, maka kamu harus mengetahui pengaruh tingkat suku bunga terhadap investasi saham ini. Kamu wajib mengetahui dan memahami mengapa suku bunga bisa berpengaruh terhadap turun naiknya harga sama secara fundamental.

Perlu kamu ketahui bahwa Tingkat suku bunga sangat kuat dalam mempengaruhi harga mata uang ataupun bisnis. Di setiap Negara memiliki suatu lembaga yang mempunyai wewenang untuk melakukan penurunan atau penaikan terhadap tingkat suku bunga.

Misalnya di Indonesia ada Bank Indonesia (BI) yang mempunyai kebijakan tersebut, di US ada The Federal (FED) Reserve, dan lembaga- lembaga lainnya di setiap Negara.

Suku bunga dapat mempengaruhi investasi saham sebab tingkat suku bunga selalu berubah-ubah atau bisa dikatakan bahwa suku bunga memiliki sifat yang tidak tetap. Sementara kondisi inilah yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga saham di pasar saham.

Mengapa Tingkat Suku Bunga dapat berubah-ubah?

Naik turunnya Tingkat suku bunga yang dilakukan oleh setiap lembaga yang berwenang, seperti Bank Indonesia bukanlah tanpa alasan. Karena ketika suku bunga dinaikkan maka akan lebih rentan untuk mengalami kesulitan bagi sebuah bisnis.

Sementara Tingkat suku bunga yang diatur oleh Bank sentral misalnya di BI memiliki tujuan untuk mengatur pertumbuhan ekonomi di Negara tersebut. Jika tidak diatur oleh lembaga tertentu, hal itu bisa menyebabkan terjadinya market bubble yang kan membuat system keuangan mengalami keruntuhan.

Jika tingkat suku bunga mengalami kenaikan maka kemungkinan besar harga saham dari perusahaan akan menurun. Sebab perusahaan tersebut memiliki banyak hutang yang semakin meningkatkan beban perusahaan sehingga dapat mengurangi profit yang mereka miliki.

Intinya, Besar pengaruh tingkat suku bunga terhadap investasi saham itu tergantung kewenangan dari lembaga tertentu yang berkebijakan untuk mengendalikan tingkat suku bunga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *