Apa yang dimaksud dengan Investasi? Mengapa Investasi begitu penting ?

Pastinya kamu pernah mendengar pepatah “Hemat pangkal Kaya”, yang banyak diartikan oleh sebagian orang bahwa kita harus hemat dan selalu menabung untuk hari tua kita. Namun hal itu tidak selamanya benar. Untuk menjadi kaya, menabung saja tidaklah cukup.

Akan tetapi melakukan Investasi terbukti bisa membuat para pelakunya menjadi lebih kaya dari sebelumnya. Jadi, Apa yang dimaksud Investasi ???

Benarkah Investasi lebih menguntungkan daripada menabung ?

Sebenarnya Investasi sendiri hanyalah sebuah istilah, yang diberikan untuk kegiatan atau suatu hal yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan. Investasi sendiri erat kaitannya dengan kegiatan akumulasi aktiva yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut KBBI sendiri Investasi memiliki pengertian sebuah kegiatan penanaman modal (uang) pada suatu hal (perusahaan/proyek) dengan tujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan. Maka dari itu kegiatan Investasi sebenarnya jauh lebih menguntungkan dibandingkan hanya menabung uang di Bank.

Jika kamu masih kebingungan dengan apa yang dimaksud dengan Investasi, mari kita sederhanakan dengan contoh misalnya, seseorang yang memiliki uang dengan jumlah besar kemudian membelanjakan uang tersebut dengan membeli banyak emas. Lalu saat harga emas melonjak tinggi, dia kembali menjual emas tersebut dan mendapatkan keuntungan.

Sebab ketika dia menjual emas, harga emas lebih tinggi daripada ketika dia membeli emas tersebut. Sehingga, kegiatan yang dilakukan oleh orang tersebut dikategorikan sebagai Investasi. Sementara menabung adalah kegiatan yang hanya menyimpan kekayaan semata, tidak untuk memperoleh keuntungan.

Itulah kenapa Investasi lebih menguntungkan daripada menabung. Prinsip seperti inilah yang banyak digunakan oleh para pengusaha sukses, yang terus memutarkan modal mereka untuk berinvestasi, sehingga akan memperoleh banyak keuntungan pada masa mendatang.

Bentuk- bentuk Investasi

Investasi sendiri memiliki banyak bentuk dengan tingkat keuntungan yang berbeda, serta masa atau waktunya pun juga berbeda. Adapun bentuk-bentuk dari Investasi yaitu :

  • Investasi Tanah, ketika kamu melakukan investasi tanah keuntungan yang kamu peroleh pun tidak hanya berupa uang semata, namun bisa memanfaatkan tanah tersebut untuk tempat tinggal maupun usaha.
  • Investasi Pendidikan, diharapkan dengan semakin banyaknya ilmu yang kamu miliki maka akan semakin mudah untuk mencari pekerjaan
  • Investasi Saham, seperti bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk mendapatkan keuntungan
  • Investasi emas dan mata uang asing.

Ketika kamu memahami apa yang dimaksud dengan Investasi, maka seharusnya pola piker kamu akan berubah dalam mengelola masalah keuangan dan ekonomi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *