Cara investasi emas di Bank

Mengenai cara investasi emas di Bank itu mudah. Yang terpenting kamu tahu alasan kenapa sebaiknya investasi emas itu di lembaga perbankan yang satu ini. Alasan utamanya adalah keamanan.

Untuk langkah-langkahnya sebenarnya mudah sekali, akan kami bahas yang secara umum. Untuk detailnya mungkin antar bank bisa mengalami perbedaan sedikit. Oke ayo langsung saja ke pembahasan utamanya.

Step by step cara investasi emas di Bank

1. Bank Syariah Mandiri

Alternatif pilihan pertama yang terpercaya adalah bank Syariah Mandiri. Nama programnya adalah cicil emas. Ini adalah fasilitas yang memang disiapkan Mandiri Syariah bagi para investor yang mau membiayai kepemilikan emas batangan atau lantakan.

Kamu harus menyiapkan uang untuk membayar beberapa biaya. Antara lain biaya asuransi, materai, dan biaya administrasi. Nanti ketika sudah mulai kamu membayar emas tersebut dengan cara dicicil tiap bulan. Untuk jumlah angsurannya itu sama.

Tentukan juga jangka waktunya. Untuk di Syariah Mandiri cicil emas, yang paling singkat yaitu 2 tahun. Kalau ingin yang jangka panjang 5 tahun. Khusus buat kamu yang ingin cicilan paling ringan bisa mengambil yang 5 tahun ini. Tetapi kalau sudah ada uang lebih maka kamu bisa melunasi dengan lebih cepat juga, tetapi setelah pembiayaan berjalan paling tidak 1 tahun.

Plafond pembiayaan cicil emas Syariah Mandiri maks 80% terhitung atas dasar harga perolehan emas batangan. Mengenai penentuan berapa harga emas yakni pada saat akad.

Akad yang dipakai untuk cicil emas adalah akad Murabahah atau bawah tangan. Di mana pengikatan agunan dilakukan memakai akad rahn atau gadai.

Syarat-syarat WNI yang sudah cukup umur, pegawai (Minimal 21 tahun Maksimal 55 tahun), pensiunan (Maksimal 70 tahun ketika pembiayaan jatuh tempo), KTP, dan untuk wiraswasta dan profesional (Maksimal 60 tahun)

Apabila kamu berminat untuk investasi emas dari produk Cicil Emas milik Syariah Mandiri, maka bisa hubungi nomor 14040. Atau kontak yang bertanggung jawab melalui form di URL ini https://bsmemas.bsm.co.id/

Di alamat URL tersebut bahkan sudah dijelaskan tentang berbagai produk, FAQ, hingga harga informasi emas ANTAM – BSM terbaru. Di websitenya harga-harga selalu diupdate dengan yang terbaru.

2. BCA Syariah

Tidak hanya bank Mandiri saja yang memiliki layanan investasi emas, tetapi juga bank BCA. Dari BCA Syariah dengan nama layanan EMAS iB. Jadi ini merupakan produk perbankan BCA berupa pembiayaan pada nasabah apabila nasabah ingin memiliki emas dengan murabahah, atau akad jual beli.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi mencicil emas di EMAS iB ini. Yang pertama adalah jenis logam mulia. Jadi di BCA Syariah emas yang akan kamu beli itu bentuknya batangan dan memiliki sertifikat 24 karat, atau 99,9%.

Untuk pecahan emas yang tersedia antara lain 250 gram (Cast bars), 100 gram (Minted bars), 50 gram, 25 gram, dan 10 gram. Jumlah pembiayaan setara pembiayaan 10 gr emas, dengan maksimal 150 Juta.

Jangka waktu yang tersedia adalah 2 s/d 5 tahun. Kalau total uang mukanya berapa? Sebesar 20% harga beli emas.

Syarat pemohon antara lain WNI dengan usia paling tidak 21 tahun, bisa profesional, wiraswasta, atau karyawan. Ada usia maksimum untuk masing-masingnya. Untuk wiraswasta dan profesional adalah 60 tahun, dan untuk usia maksimum karyawan adalah 55 tahun.

Pembayaran cukup mudah karena didukung autodebet dari rekening BCA Syariah. Karena itu kamu harus membuka dulu rekening BCA Syariah. Tapi jangan khawatir untuk persyaratan teknis yang dibutuhkan nanti akan dijelaskan oleh pihak BCA Syariah, tidak perlu bingung.

Apabila jangka waktu yang kamu ambil dirasa terlalu lama dan uang kamu sudah mencukupi, maka kamu diperkenankan untuk melakukan percepatan pelunasan. Dengan syarat minimal waktu berjalan dimulai semenjak tanggal akad pembiayaan adalah 1 tahun. Kalau belum 1 tahun tidak boleh, harus mengikuti cicilan emas seperti biasanya.

Nah apakah kamu tertarik investasi emas di Bank BCA Syariah? Boleh hubungi Halo BCA 1500888. Tapi sepertinya dikenakan biaya, jadi pastikan pulsa kamu mencukupi.

3. BNI Syariah

Di sini banyak yang salah kaprah tentang informasi yang beredar. Nama produknya memang BNI Emas IB Hasanah. Tetapi harus kamu tahu bahwa BNI tidak serta merta menyediakan layanan khusus untuk beli emas seperti kedua bank sebelumnya yang kami bahas.

Namun Layanan ini adalah fasilitas yang diberikan bank untuk debitur apabila hendak membeli logam mulia emas bentuk batangan dengan mengangsur.

Adapun akad yang digunakan yakni akad murabahah, atau jual beli. Sama saja seperti akad yang digunakan bank Syariah lainnya untuk membeli logam mulia.

Nanti nasabah bisa membeli emas sesuai keinginan mereka dan akan dibantu oleh pihak BNI Syariah. Tetapi cicilan per bulan harus tetap diangsur. Dan ada biaya-biaya yang juga wajib dibayarkan oleh nasabah.

Supplier emas BNI Syariah tidak lain adalah PT ANTAM. Kalau Bank lain ada yang membuka lowongan bagi supplier lain selain ANTAM. Plafon pembiayaan maksimal BNI Syariah yakni 150.000.000 Rupiah, jangka waktu mulai 2 tahun hingga 5 tahun.

Nantinya emas yang nasabah beli melalui system kredit bisa digunakan langsung untuk investasi, nikah, ataupun digadaikan lagi jika sedang butuh uang mendadak. Karena emas ini termasuk logam mulia dengan likuiditas yang tinggi. Jadi cocok dijadikan jaminan pinjaman uang di manapun.

Untuk simulasi pembayaran pun sudah disediakan. Jangan lupa untuk memanfaatkan ini sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran lebih tentang investasi kamu. Langsung aja buka linknya di https://www.bnisyariah.co.id/personal/simulasi/pembiayaan. Kemudian kamu isikan kolom input simulasi dan isikan data yang diminta, kemudian click kalkulasi.

Nanti hasilnya akan keluar secara otomatis. Sehingga simulasi pembiayaan pun bisa langsung kamu ketahui secara online tanpa harus repot-repot ke kantor BNI Syariah.

Apabila tertarik menabung emas di BNI Syariah ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Nanti untuk syarat-syarat dan hal-hal teknis lain yang harus kamu lakukan bisa langsung kamu konsultasikan saja dengan pihak BNI Syariah. Nanti pasti dibantu.

Yang penting ketahui apa saja ketentuan umum yang harus dipenuhi. Karena kalau satu saja tidak terpenuhi maka pengajuan investasi emas di BNI Syariah pun tidak akan bisa. Apa saja ketentuan umumnya?

Harus WNI, jadi punya KTP Indonesia, ada gaji dan penghasilan tetap (Harus dapat dibuktikan), latar belakang pegawai / profesional / pengusaha. Batas usia mulai 21 tahun sampai dengan 60 tahun. Pensiun kredit wajib sudah lunas.

Kalau memang kamu tertarik beli emas dengan cara nyicil lewat bantuan BNI Syariah bisa langsung aja datang ke kantor cabang terdekatnya di kota kamu. Atau bisa melalui websitenya di URL https://www.bnisyariah.co.id/id-id/. Selanjutnya kamu cari halaman kontak dan coba langsung aja konsultasi dengan mereka.

~Stef

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *