Cara investasi emas kecil-kecilan, Cocok untuk pemula

Ayo belajar cara investasi emas kecil-kecilan. Kalau kamu adalah seorang investor baru, kemungkinan modal yang kamu miliki tidak terlalu besar. Tetapi ini jangan dijadikan penghalang bagi diri kamu untuk berinvestasi.

Khususnya untuk investasi emas. Ini termasuk investasi yang menguntungkan dan cocok untuk jangka panjang. Nah karena itu akan kami bagikan tips untuk kamu. Oke, ayo langsung aja:

Cara investasi emas kecil-kecilan

1. Antam

Yang pertama adalah investasi emas di PT Antam Tbk. Memang Antam adalah solusi selain pegadaian dan bank Syariah. Tetapi untuk kamu yang pernah mencoba investasi emas di Pegadaian harap diingat kalau caranya berbeda, apabila selanjutnya kamu ingin mencoba investasi emas di Perseroan Terbatas ini.

Adapun perbedaannya yakni proses investasi emas di Antam itu lebih simpel, namun kamu harus meluangkan waktu lebih untuk antre. Karena di sini kamu bisa membeli emas dengan uang tunai, keren sekali bukan?

Lalu bagaimana dengan harganya?

Untuk masalah harga. Di Antam memang ada perbedaan harga, tetapi tidak terlalu banyak, jadi jangan takut mencoba ya. Ketika kamu berinvestasi di Antam akan kena yang namanya biaya administrasi juga, dan untuk jumlahnya disesuaikan besaran yang ditetapkan.

2. Pegadaian

Di Pegadaian juga memungkinkan untuk investasi emas kecil-kecilan. Rata-rata banyak yang mengenal PT. Pegadaian ini sebagai tempat gadai barang untuk dapat uang. Padahal fungsi lainnya juga ada yaitu sebagai instrumen investasi, untuk membeli sekaligus menabung emas. Selain itu di Pegadaian juga menerapkan system Syariah yang aman untuk investor.

Beli emas tunai

Program Mulia Tunai Pegadaian memungkinkan kamu untuk langsung membeli emas. Jadi cukup memilih emas berdasar ukuran yang kamu inginkan, disesuaikan dengan budget tentunya. Kemudian langsung bayar saat itu juga.

Nanti kamu akan memperoleh sertifikat pembelian dan kuitansi. Kamu simpan itu.

Untuk tambahan info, ukuran emas yang semakin kecil, itu harganya semakin mahal dan berlaku sebaliknya. Ingat kalau ukuran emas yang makin kecil maka makin likuid sifatnya.

Konsinyasi emas

Masih di Pegadaian, ada mekanisme konsinyasi emas, yakni titip jual emas batangan. Dibandingkan investor menyimpan emas mereka di rumah yang beresiko hilang, rumah kebakaran, rumah meledak karena gas (Baru kejadian di Surabaya), jadi lebih baik kalau emas kamu titipkan saja di Pegadaian. Jauh lebih aman.

Nantinya kalau emas yang kamu titipkan tersebut terjual pada nasabah Pegadaian yang lain. Akan dikirimkan dana bagi hasil dari nilai penjualan emas tersebut pada nasabah yang terdaftar menitipkan emas itu. Simpel bukan systemnya.

Tabungan emas Pegadaian

Yang terakhir, ada produk tabungan emas. Berbeda dengan konsinyasi, kalau yang ini termasuk instrumen investasi juga. Cocok untuk investor dengan modal kecil.

Jadi walaupun punya 6000 perak pun kamu sudah bisa mulai mengikuti program tabungan emas Pegadaian ini. Nanti kamu akan mendapatkan emas 0,01 gram. Harga mengikuti harga terbaru.

Untuk system tabungan seperti apa?

Sama saja kok seperti tabungan pada umumnya. Di mana kamu bisa menambah saldo kapanpun. Hanya kalau kamu memilih ini maka emas hanya dapat diambil apabila total bertanya sudah 5 gram. Kalau belum ya nabung terus aja dulu dan bersabar. Namanya juga investasi jangka panjang dengan modal kecil-kecilan.

3. Tokopedia emas

Mulai 500 Rupiah, serius?

Ya serius dong sobat. Di Tokopedia emas bisa investasi walau kamu hanya punya 500 rupiah saja. Buat yang belum tahu apa itu Tokopedia emas. Berikut akan kami jelaskan.

Ini adalah cara investasi emas model baru terjangkau dan bisa dilakukan secara full online. Berbeda dibandingkan system investasi emas pada umumnya, di mana dengan Tokopedia emas ini kamu dapat membeli, menabung, juga menjual emas yang kamu investasi tersebut kapanpun ketika harga pasar kamu rasa cukup menguntungkan.

Dengan kata lain ketika kamu butuh uang mendadak, entah untuk kebutuhan apa, maka kamu bisa langsung mencairkannya tanpa kena penalty.

Nantinya tiap gram emas yang dibeli oleh kamu tersebut akan dikonversikan jadi bentuk fisik kemudian dititipkan oleh pihak Tokopedia ke Pegadaian. Jadi memang Tokopedia emas ini bekerjasama dengan Pegadaian juga.

Hingga sekarang Tokopedia terus mengembangkan system investasi emas ini, mengupayakan supaya investasi emas kamu jadi bentuk emas fisik.

Setelah kamu tahu garis besar Tokopedia emas, sekarang kalau ada pertanyaan, apa sebenarnya kelebihan mengikuti Tokopedia emas?

Yang pasti aman dan terpercaya. Tokopedia sendiri bukanlah pemain baru. Mereka adalah online shop yang cukup besar, bahkan mendapat suntikan dana hingga miliaran. Apalagi terkait investasi emas ini Tokopedia tidaklah sendiri, melainkan bekerjasama dengan Pegadaian. Dan mendapatkan pengawasan OJK juga. Jadi kamu tak perlu takut-takut lagi.

Cara investasi emas kecil-kecilan di Tokopedia

Apa kamu tertarik untuk investasi emas di marketplace satu ini? Mudah kok. Kamu cukup mempunyai akun Tokopedia, lalu buka situsnya dan masuk Page Tokopedia Emas. Pastikan kamu membuka URL yang resmi agar tidak kena tipu.

Kemudian nanti kamu diminta mengisikan berapa Rupiah yang hendak kamu belanjakan. Berapa gram emas yang mau dibeli oleh kamu.

Pilihlah metode pembayaran yang termudah, karena ada banyak alternatif metode pembayaran di Tokopedia. Ini juga merupakan kelebihan lain dari investasi emas di Tokped.

Nantinya sesudah pembayaran terverifikasi dengan baik. Maka emas pun langsung masuk tabungan Tokopedia Emas kamu.

Page Tokopedia Emas sendiri bisa diakses non stop 24 jam terus menerus, dan secara online.

4. Bank

Yang keempat kamu bisa investasi emas di bank. Walaupun memang bank yang menyediakan adalah bank Syariah. Contohnya bank Mandiri Syariah, BCA Syariah, BNI Syariah, dan lain-lain.

Kenapa cocok untuk yang mencari investasi emas kecil-kecilan? Karena di sini systemnya dengan cara dicicil. Sehingga tidak langsung bayar sekaligus. Jadi nanti nominal yang kamu bayarkan pun tidak terlalu besar, walaupun memang memakan waktu yang cukup lama untuk melunasi semua cicilan yang ada.

Ya memang ada kelebihan dan kekurangannya. Tetapi kalau ditimbang-timbang, yang menjadi kelebihan lebih banyak dari kekurangannya. Jadi worthed banget sobat.

5. Kantor Pos

Pasti banyak yang belum tahu kan, kalau ternyata kantor pos juga bisa untuk investasi emas.

Tetapi memang kantor pos tidak sendiri dalam menyediakan layanan ini, tetapi bekerjasama dengan PT Tamasia Global Sharia (Tamasia). Sehingga akhirnya tersedia tabungan Emas.

Kalau sudah mendengar nama kantor pos, yang dikelola oleh negara, dapat dipastikan investasi kamu akan aman. Bank BCA Syariah yang dikelola oleh swasta saja aman, apalagi sekelas kantor pos yang dikelola negara. Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Caranya dengan install aplikasi Tamasia memakai virtual account / rekening Giropos. Kalau sudah berhasil maka pelanggan pun dapat mengambil emas fisik melalui cabang kantor pos terdekat di kota kamu.

~Stef

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *