Cara buat NPWP bagi yang belum bekerja (yang mesti kamu tahu)

Jaman sekarang siapa sih yang tidak memiliki NPWP? Semua masyarakat Indonesia tanpa terkecuali harus memiliki NPWP, baik itu pegawai negeri, pegawai swasta, ibu rumah tangga, bahkan pengangguran. Nah, di artikel ini bakal dibahas cara buat NPWP bagi yang belum bekerja.

Apa sih pengertian NPWP?

NPWP sendiri singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Sama seperti singkatannya NPWP memiliki arti nomor yang diberikan ke wajib pajak buat sarana dalam administrasi perpajakan. NPWP sendiri dipakai sebagai tanda kalau kamu adalah wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, sesuai pasal 1 UU KUP 2007.

Macam-macam NPWP

NPWP sendiri terbagi menjadi dua jenis, yang dibedakan dari wajib pajaknya. Kedua jenis itu adalah:

  • NPWP Pribadi, jenis ini wajib dimiliki buat semua orang yang memiliki penghasilan di Indonesia.
  • NPWP Badan, jenis ini wajib dimiliki buat semua badan atau perusahaan yang memiliki penghasilan di Indonesia.

Perbedaan yang lain yang harus kamu ketahui yakni keduanya merupakan data informasi tersimpan dalam database dari kantor pajak, antara lain nama wajib pajak, jenis usaha, alamat, pemilik perusahaan, nomor akta, jenis usaha dan cabangnya, harta yang dimiliki, serta informasi soal perusahaan lainnya.

Apa saja fungsi NPWP?

Fungsi utama dari NPWP adalah sebagai tanda pengenal wajib pajak dan untuk menjaga ketertiban dalam membayar pajak dan dalam pengawasan administrasi perpajakan.

Selain itu dengan adanya NPWP maka akan mempermudah dalam administrasi pajak, agar data diri dan perhitungan pajaknya tidak tertukar.

NPWP juga sering diminta saat mengurus perizinan, baik itu saat mengajukan kredit bank, pembuatan rekening di bank, pembuatan paspor.

Buat para pengusaha atau wiraswasta, NPWP juga diminta waktu mengikuti lelang di instansi pemerintah, mengajukan perizinan usaha, seperti SIUP, TDP, dan juga sebagai pembayaran pajak final, seperti PPh final, PPN, BPHTB, dan lainnya.

Cara buat NPWP bagi yang belum bekerja

Kamu mahasiswa? Pencari kerja? Baru lulus kuliah? Belum berpenghasilan? Mau melamar kerja tapi banyak perusahaan minta cantumkan NPWP? Tidak perlu kuatir disini bakal dibahas cara buat NPWP bagi yang belum bekerja, tapi perlu ingat kebijakan kantor pelayanan pajak di beda daerah bisa beda ya. Jadi sebaiknya cari tahu dulu KPP tempat yang bakal kamu urus NPWP nya.

Nah, sekarang mari bahas cara membuat NPWP nya ya, tahap per tahap.

1.     Minta surat keterangan dari kelurahan

Kalau kamu belum kerja, sebaiknya jangan tulis belum kerja ya. Tapi tulis saja status kamu dengan kerja sampingan, kerja freelance atau wiraswasta.    

Kamu perlu surat keterangan dari kelurahan ini buat daftar, baik langsung datang ke KPP atau melalui online.

2.     Pilih cara online biar tidak ngantri

Kalau kamu pilih cara online, ada baiknya siapkan semua dokumen yang dibutuhkan sebelum membuat akun di situs kantor pajak (www.ereg.pajak.go.id)

Ikuti semua langkah dari situs tersebut dan jangan lupa pastikan email yang didaftarkan selalu aktif.

Isi formulir online termasuk scan KTP, nah di kolom data pekerjaan, sebaiknya isi dengan keterangan “Pegawai Swasta” atau “Wirausaha”. Bukan maksudnya menyuruh berbohong namun buat mempermudah pembuatan NPWP nya.

3.     Cek email yang didaftarkan

Jika pengajuan pembuatan NPWP nya disetujui, biasanya akan dikirimkan notifikasi ke email kamu. Jadi rajin-rajin cek email dan kalau sudah ada notifikasinya, cetak dan bawa ke KPP biar kartu NPWP nya dicetak.

Nah sudah jelas kan langkah-langkahnya? Jangan lupa buat patuh lapor walau belum ada pekerjaan. Kamu cukup lapor dengan penghasilan NIHIL biar ditetapkan statusnya sebagai Non Efektif.

via Stefan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *