Cara Sederhana Berinvestasi Saham untuk Pemula

Ini hanyalah salah satu dari sekian banyak style yang bisa Anda pilih ketika baru mau memutuskan untuk berinvestasi di saham. Pilihan terakhir tetap di tangan Anda, tentu saja. Panduan ini hanyalah referensi.

Heads-up: maaf kalau kasar.

Cara sederhana buat newbie berinvestasi: jangan mau dibego-begoin dan dibuat seolah-olah Anda bego, cuma dia orang yang pintar dan bisa. Ingat tujuan investasi itu adalah CUAN!

Tahap 1

Cash is king! Cari company yang debt free (short-term & long-term) kalau bisa, kalau engga ya dia punya cash minimal 30-50% lebih banyak dari short-term debt nya.

Tahap 2

Mau aman lagi, cari yang rajin bagi dividen (tapi jumlah dividen jangan dijadiin tujuan hal penilai utama).

Ya makin gede makin enak, tapi ini juga berdampak sama liquiditas (frekuensi transaksi jual beli saham tersebut).

Tahap 3

Beli berdasarkan nilai prospek masa depan company nya, bukan beli karena orang lain ikut beli. Pakai logika sederhana untuk melihat prospek pertumbuhan perusahaan di masa depan dengan cara menurut keyakinan masing-masing.

Contoh: Misalnya saham rokok, kira-kira menurut Anda itu bakal tetap tumbuh ga dari jangka waktu investasi yang Anda harapkan. Misalnya harapan Anda ini saham 10 tahun lagi bakal seperti apa. Ingat, ini cuma contoh banyak saham lain dengan kategori masing-masing.

Kalo Anda ga yakin, ya cari sendiri ada namanya GOOGLE!

Tahap 4

Rebalancing (bukan Cut loss ya).

Ga perlu sering-sering, misalnya kalo saham Anda itu (agak) volatile banget, bisa cek 1 minggu atau sebulan sekali lah (tergantung liquiditas saham ya).

Kalau merasa ga sesuai ekspektasi dan momentnya memang sudah berubah ya silahkan ganti.

Ini berkaitan juga buat dapat update dari Tahap 1 ya mengenai utang & cash company terbaru.

Tahap 5

Ingat! pada saat Anda beli artinya ada yang jual, kebalikannya juga.

Jadi jangan lebay bereaksinya saat saham Anda naik atau turun. Semua itu ada waktunya. Santai!!!

Sederhana kan? ga pake tarik garis-garis, ga pake download dan baca itu laporan keuangan, atau ga pake langganan grup telegram saham cuan tai kucing. Kalau pake cara sesederhana ini aja Anda masih ga bisa, berarti Anda beneran bego!

via Insider86

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *