JD.ID Penipu? Dijamin Original Gak Ya?

Semoga (shit)post ini tidak termasuk dalam pencemaran nama baik, karena sifatnya ya sharing aja. Pun, saya gak di-endorse sama salah satu e-commerce gede ini. Lantas, tujuan dibuat postingan ini apa? Tentu saja, biar kita sebagai calon pembeli online lebih waspada sebelum memutuskan membeli di e-commerce manapun, dan di sini jd.id hanyalah salah satu contoh yang dibahas, karena memang e-commerce satu ini menjamin produknya original.

Apa semua produk yang ada di JD.ID pasti ori?

Hashtag yang dikampanyekan memanglah #DijaminOri. Namun, saya yakin bahwa masih ada celah di sana-sini, alias ada anomali di mana barang yang ada di situs ini tidak original.

Gimana caranya biar dapet yang pasti ori?

Beli saja produk yang seller-nya adalah jd.id langsung. Atau, setidaknya, dari seller yang official dan reputasinya sudah jelas.

Pengalaman saya, kalau beli barang elektronik di jd.id selalu dapat yang original dan bergaransi. Namun, kalau produk fashion branded, saya harus melakukan cek and ricek lebih lanjut.

Sebelum saya nyampah di Investasu, sebelumnya saya menulis untuk salah satu portal fashion di Indonesia. Pernah beberapa kali dapat curhat kalau kena zonk di marketplace maupun e-commerce, ya salah satunya jd.id. Kena zonk sepatu branded, mereknya Vans dan Fila. Setelah ditelusuri, ternyata seller-nya dari luar negeri dan rada susah juga menelusuri reputasinya.

Hikmahnya, ya meski sudah dijamin originalitasnya oleh penyedia layanan e-commerce, tapi selalu lakukan double check. Lebih baik menghabiskan waktu banyak di awal daripada menangis menyesal di akhir.

Soalnya nih, berdasarkan curhat yang pernah saya terima juga, proses pengembalian barang/dana di jd.id tuh lama. Banget.

Kalau butuh second opinion dari netizen lain tentang “barang ini original gak ya?” bisa juga dengan curhat di media sosial maupun di kolom komentar di bawah. Kalau blog ini rame (Aamiin) ya ntar bakal ada netizen (selain saya) yang bales-balesin.

Sebelumnya, saya minta maaf ya kalau gak rapi dan validitas-nya kurang mengenai kebenaran pertanyaan narasumber. Karena memang waktu itu belum kepikiran buat bikin postingan kaya gini jadi gak didokumentasikan juga dan saat ini udah ilang.

Dah ah, sekian dulu shitpost kali ini. Ditunggu pengalaman berbelanja kalian di jd.id yak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *