Mengenal jenis-jenis investasi dan penjelasannya, lengkap

Ayo ketahui jenis-jenis investasi dan penjelasannya juga. Investasi ini ada yang jangka pendek dan ada yang jangka panjang. Jadi berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan tentang yang satu ini, yuk baca terus untuk nambah pengetahuan kamu.

Jenis-jenis investasi dan penjelasannya

1. Deposito berjangka

Yang pertama ini termasuk dalam investasi jangka pendek. Jenis investasi yang satu ini dimiliki oleh sebagian besar bank. Kamu dapat menyimpan uang kamu pada bank tersebut untuk jangka waktu tertentu. Nah jadi yang kamu dapatkan itu adalah uang kamu, beserta bunga. Di mana semakin besar uang yang kamu simpan di deposito berjangka maka jumlah profit pun akan bertambah.

Kalau deposito berjangka ini termasuk jenis investasi yang aman namun tidak terlalu menguntungkan. Jadi kalau kamu punya uang lebih dan memang ingin investasi yang sangat aman, maka deposito berjangka boleh dijadikan pilihan.

Walaupun kecil tetapi deposito berjangka ini tetap memiliki nilai bunga yang lebih tinggi dibandingkan bunga pada tabungan biasa. Walaupun memang kamu tidak bisa menggunakan uang yang sudah kamu masukkan dalam deposito berjangka sewaktu-waktu, hingga jatuh tempo.

Berbicara tentang jatuh tempo sendiri, deposito berjangka ini dibagi menjadi beberapa macam tempo waktu, antara lain 3 dan 6 bulan, dan yang paling lama adalah 1 tahun. Tentunya dengan tingkat suku bunga yang berbeda-beda juga. Kalau Cuma 3 bulan ya lebih kecil persentase bunga yang ditawarkan oleh bank.

Ingat kalau ikut deposito berjangka selalu gunakan bukan uang panas. Yang kamu gunakan sehari-hari. Sebab kalau kamu mengambil uang deposito berjangka sebelum waktu jatuh tempo, bukannya keuntungan yang akan kamu dapatkan, melainkan kena denda.

2. Savings Bond Ritel

Yang kedua adalah SBR. Ini adalah instrumen investasi dalam bentuk surat utang dan diterbitkan oleh negara. Jadi kalau kamu sudah mengenal P2P lending, maka di sini kamu adalah pemberi pinjaman, atau kreditur.

Tetapi ada pembeda antara SBR dengan P2P lending, di mana kamu memberikan pinjaman untuk bukan ke pribadi orang-orang, melainkan ke pemerintah, dalam Savings Bond Ritel. Istilahnya pemerintah utang ke kamu.

Resiko dari SBR sangat kecil, sebab ada jaminan dari negara. Berapa nilai investasi minimal untuk SBR ini? Mulai 100 ribu saja, untuk bunga yang akan kamu dapatkan adalah 6,3% / Tahunnya.

Pertanyaan berikutnya adalah, berapa lama jangka waktunya? Jangka waktu dari SBR adalah 2 tahun. Tetapi kamu bisa saja mencairkan lebih dini. Ada fasilitasnya, namanya yakni Early Redemption.

Kalau kamu ingin melakukan investasi pada Savings Bond Ritel ini kamu bisa memakai yang namanya e-SBN…

Untuk membeli SBR seri SBR009 online, silahkan check langkah demi langkahnya langsung di website resmi Kemenku. Nanti akan dipandu di situs tersebut. Atau kamu bisa bertanya ke teman kamu yang sudah berpengalaman membeli SBR ini.

3. Investasi logam mulia

Yang paling sering menjadi lahan investasi dari logam mulia tidak lain adalah emas. Walaupun terkadang mengalami naik turun, tetapi dalam jangka panjang emas ini pasti naik. Khususnya kalau keadaan ekonomi dan politik kurang bagus.

Sudah banyak orang-orang yang menginvestasikan uang mereka pada emas. Dan ini sudah dilakukan sejak lama, jadi bukan termasuk instrumen investasi yang  baru.

Selain kondisi ekonomi dan politik, ada faktor lain yang ikut mempengaruhi harga emas, antara lain:

  • Nilai paper investment
  • Yang masuk dalam kategori paper investment adalah obligasi, dan saham

Dalam jangka pendek harga dari emas bisa bergejolak, tetapi nilainya tetap terjaga untuk waktu jangka panjang. Kalau melihat sifat dari instrumen investasi yang satu ini, memang emas adalah alternatif pilihan investasi yang bisa kamu pertimbangkan.

Mungkin yang harus diperhatikan adalah kamu harus tahu bagaimana cara menyimpan emas dengan baik. Kamu harus punya tempat yang aman. Karena banyak orang yang mengincar emas, bisa-bisa pembantu rumah tangga di rumah mengambil emas kamu dan kabur, kalau kamu menyimpannya sembarangan dan gampang dilihat orang.

Karena rata-rata sudah banyak orang yang tahu tentang betapa berharganya logam mulia yang satu ini…

4. Investasi Cryptocurrencies

Yang keempat ini termasuk jenis investasi yang baru. Tetapi penggemarnya sudah cukup banyak. Awal-awal kemunculan cryptocurrencies harga naik terus. Kalau sekarang harga sudah relatif stabil, walaupun memang gejolak harga cukup tinggi pada momen-momen tertentu.

Yang paling terkenal dari cryptocurrencies adalah Bitcoin. Karena Bitcoin adalah yang pertama. Tetapi di situs trading investasi cryptocurrencies ada banyak alternatif pilihan lain selain Bitcoin.

Sebenarnya apa ini cryptocurrencies? Ini adalah sebuah mata uang digital. Tetapi tidak memiliki keterkaitan dengan pemerintah. Kamu bisa menjual dan membeli di Indodax kalau di Indonesia, kalau di luar negeri ada Poloniex, dan masih banyak lagi.

Tetapi sebaiknya jika memang ingin berinvestasi di Cryptocurrencies ini kamu ikuti saja situs trading yang memang sudah besar dan terpercaya, agar tidak terkena SCAM atau penipuan.

Sebelum lanjut jenis investasi ke 5, kamu harus tahu kalau Cryptocurrencies termasuk jenis investasi yang beresiko tinggi. Kamu bisa mendapatkan puluhan juta dalam 1 hari, tetapi juga bisa kehilangan puluhan juta dalam 1 hari.

5. Komoditas

Kalau kamu adalah pemilik toko atau pemilik gudang, maka investasi pada komoditas adalah pilihan oke. Jadi ini juga termasuk dalam jenis investasi. Walaupun tidak semua orang bisa melakukannya. Karena kalau tidak punya toko atau gudang yang cukup, akan sulit untuk melakukannya.

Investasi komoditas adalah membeli barang-barang fisik. Kamu beli jika terdapat kemungkinan kalau ke depannya barang yang kamu beli tersebut akan naik harganya. Ini bisa apa saja, mulai dari makanan hingga pakaian, bahkan plastik.

Biasanya orang-orang itu sering menyimpan plastik. Karena harga plastik bisa naik pada waktu-waktu tertentu. Selain plastik, kertas juga oke. Misalkan mendekati pemilu tuh, maka kamu bisa investasi pada komoditas kertas. Nanti ketika waktunya pemilu tiba harga kertas akan naik berkali lipat.

Jadi kalau kamu memang tertarik dengan investasi komoditas ini. Maka, kamu harus pintar-pintar menganalisa situasi.

6. Investasi apartemen

Masuk juga dalam kategori properti, hanya dalam range harga yang lebih terjangkau. Untuk kamu yang ingin investasi apartemen. Saran kami adalah membeli apartemen yang dibangun di lokasi yang strategis. Dan usahakan membeli apartemen pada awal pembangunan, pada saat baru dibangun pondasi.

Jangan membeli ketika apartemen tersebut sudah selesai. Jenis investasi apartemen sekarang ini cukup digandrungi orang-orang. Khususnya anak muda dan yang sudah berkeluarga. Karena tidak harus cash, tetapi bisa dengan kredit.

Jadi asalkan gaji UMR saja seharusnya sudah cukup untuk melunasi cicilan apartemen tersebut. Bahkan beberapa orang bisa kok nyicil apartemen dan nyicil mobil sekaligus.

via Stefan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *