Kenali beberapa resiko investasi di pasar modal berikut ini

Saat kamu memutuskan untuk melakukan investasi di pasar modal, kamu harus benar- benar memahami manajemen resiko guna untuk mengendalikan resiko terburuk yang akan kamu alami saat berinvestasi.

Ada beberapa resiko investasi di pasar modal yang terkadang tidak di pahami oleh sebagian besar investor, dan hal inilah yang menjadi penyebab kurang terkendalinya investasi yang mereka lakukan.

Selain memahami manajemen ekonomi dan masalah keuangan lainnya, kamu harus benar- benar mengenali resiko dan akibat dalam setiap keputusan berinvestasi di pasar modal.

Apa saja resiko investasi di pasar modal ?

Beberapa resiko berinvestasi di pasar modal yang mungkin belum kamu pahami sepenuhnya, seperti :

  • Resiko pasar

Resiko pasar merupakan resiko yang bisa memicu terjadinya capital loss yang disebabkan oleh fluktuasi nilai surat berharga

  • Resiko Individu

Resiko ini biasanya tidak mempengaruhi perubahan pasar

  • Resiko Reinvestment

Sering mengakibatkan tingkat bunga tidak sesuai dengan yang diprediksikan.

  • Resiko Inflasi

Yaitu tingkat inflasi yang tinggi dibandingkan dengan bunga kreditur terhadap debitur.

  • Resiko Valuta

Adalah perubahan kurs mata uang.

  • Resiko gagal bayar

Biasanya debitur tidak bisa membayar kewajiban atas perjanjian

  • Resiko politik

Resiko ini biasa disebabkan akibat adanya perubahan pada undang-undang

  • Marketability

Menyebabkan kesulitan menjual instrument investasi sebelum jatuh tempo sehingga membuat kesulitan dalam mencairkan dana,

Resiko- resiko tersebut tentunya akan sangat berdampak pada para investor yang kurang berhati-hati saat berinvestasi. Maka dari itu sebagai investor seharusnya memiliki trik- trik khusus untuk meminimalisir terjadinya resiko terburuk saat berinvestasi.

Bagaimana Cara yang tepat untuk mengendalikan Resiko di pasar modal ?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan resiko investasi di pasar modal seperti dengan melakukan pembagian modal investasi untuk beberapa jenis asset (diverifikasi), memilih jenis investasi yang sudah memiliki legalitas yang jelas dari Otoritas Jasa Keuangan, cobalah untuk memilih jenis investasi tabungan ( karena tidak memiliki resiko yang besar) dan mempelajari ilmu dasar investasi yang benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *