Keuntungan investasi emas di Bank Syariah Mandiri, apa memang worth it?

Mengenai keuntungan investasi emas di Bank Syariah Mandiri, kamu perlu tahu. Dengan begitu kamu bisa mengambil keputusan bulat hendak memasukkan modal kamu di mana. Karena dalam sebuah investasi, selalu dibutuhkan perencanaan yang matang. Salah satunya adalah pemilihan tempat investasi kamu.

Ayo baca selengkapnya…

Keuntungan dari investasi emas di Bank Syariah Mandiri

1. Jenis emasnya

Pada program investasi emas di Syariah Mandiri, jenis emas yang digunakan bukanlah emas perhiasan. Tetapi emas batangan atau istilahnya itu emas lantakan. Di mana jumlah minimalnya 10 gram.

Kenapa lebih menguntungkan emas batangan dibanding emas perhiasan?

Kalau emas dalam bentuk perhiasan memang gampang dijual di toko emas. Tetapi yang menjadi masalah bukan likuiditasnya, melainkan harga jualnya. Karena perhiasan emas itu modelnya ikut mempengaruhi harga jual.

Sudah bukan rahasia kalau investasi emas adalah untuk jangka panjang. Dari sini saja sudah kelihatan rugi. Dengan investasi emas perhiasan maka dalam jangka panjang sudah pasti harga perhiasan emas yang hendak kamu jual lebih rendah dibandingkan kamu menginvestkan uang kamu pada emas batangan.

Kekurangan dari perhiasan emas lain yang cukup fatal adalah di dalam perhiasan emas itu ada bahan campurannya. Berbeda dari emas batangan cicilan emas Syariah Mandiri yang murni emas dan ada sertifikatnya.

2. Aman

Kalau kamu membeli emas sendiri dan disimpan sendiri di rumah ya juga bisa sebenarnya. Tetapi apakah kamu sudah mempertimbangkan faktor keamanannya?

Jika kamu investasi emas di Bank Syariah Mandiri maka dipastikan aman. Karena di bank ini sudah dilengkapi dengan CCTV. Bahkan ada satpam 24 jam. Kalau di rumah sendiri kan bayar satpam saja ya rugi dong.

Dan apabila jelek-jeleknya ada kehilangan di Bank Syariah Mandiri. Pasti pihak bank bertanggung jawab. Bank Mandiri Syariah ini sudah ada cabang di mana-mana, jadi untuk masalah finansial pasti cukup kuat.

Itu pun untuk menjaga nama baik mereka. Pasti kalau ada masalah dengan investasi emas yang kamu lakoni di bank ini, akan diselesaikan dengan baik oleh mereka. Karena itu adalah hakmu, yang penting kewajiban kamu untuk membayar cicilan selalu tepat waktu.

Sisanya kamu terima beres. Enak sekali bukan?

3. Mendapatkan perlindungan hukum oleh negara

Kalau kamu investasi emas di Syariah Mandiri, maka memang kamu tak akan melihat logam mulia emas itu dalam bentuk fisik. Hingga kamu mau mencetaknya. Nah tetapi tidak masalah, karena kamu akan memperoleh yang namanya surat perjanjian dengan tanda tangan di atas meterai.

Nantinya surat ini yang akan menjadi kekuatan kamu. Sebab dilindungi hukum dari negara. Kontraknya benar-benar mengikat dan kuat. Dengan begitu kekhawatiran kamu uang akan hilang dan sebagainya, tidak perlu ada.

Kamu bisa merasa lebih tenang dan fokus bekerja untuk membayar cicilan yang sudah menjadi kewajiban kamu, selama tenggat waktu tertentu.

Hal yang sama juga berlaku jika kamu investasi emas di Pegadaian.

4. Layanan prima dan cepat

Karena bank Syariah Mandiri adalah bank yang sudah memiliki nama baik dan berpengalaman, baik untuk produk tabungan, KPR, hingga investasi emas. Jadi mereka dipastikan sudah memiliki layanan customer support yang terbaik.

Dibandingkan dengan bank yang masih baru berdiri atau baru masuk ke Indonesia, cabang dari negara lain. Layanan yang diberikan oleh Syariah Mandiri pastinya lebih baik.

Terbukti dengan tersedianya fasilitas bsm call di nomor 14040. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar cicilan emas Syariah Mandiri bisa langsung menghubungi nomor tersebut. Nanti akan ada yang membantu.

Kalau malas buang pulsa. Maka kamu bisa saja langsung ke cabang Mandiri Syariah terdekat. Karena sekarang di kota-kota kecil pun, sudah banyak Syariah Mandiri. Bahkan di kota Bondowoso yang di atas gunung sekalipun sudah ada kok cabang bank ini.

5. Diawasi oleh LPS

Atau Lembaga Penjaminan Simpanan. Kalau kamu mau tahu apakah informasi ini benar atau tidak, maka silahkan kamu langsung saja membuka situs Bank Syariah Mandiri, kemudian kamu drag halaman website tersebut ke paling bawah.

Nanti kamu akan melihat jejeran logo di bawahnya. Yang paling kanan adalah logo dari LPS ini. (Indonesia Deposit Insurance Corporation)

Sebenarnya apa sih LPS dan apa keuntungannya bagi investor?

LPS merupakan sebuah lembaga independen dan dibentuk atas dasar UU 24 2014 mengenai Lembaga Penjamin Simpanan. Dan yang terbaru peraturannya masuk di UU No. 7 2009. Dari sini kamu tahu bahwa LPS ini adalah lembaga yang diakui oleh negara dan bukan lembaga asal jadi ya.

Dengan adanya LPS maka kamu bisa lebih tenang menginvestkan uang kamu di Syariah Mandiri untuk menyicil emas. Karena LPS sendiri menjamin simpanan dari investor, bahkan tidak diam begitu saja, melainkan ikut aktif menjaga stabilitas system perbankan, dengan batasan kewenangan yang diberikan pada lembaga tersebut.

Jaminan yang cukup besar oleh LPS

Nah, ini juga wajib kamu perhatikan nih untuk yang masih ragu investasi emas di Syariah Mandiri. Karena sudah diawasi LPS maka jaminan uang kamu pun dijaga oleh LPS, sebesar berapa Rupiah? Apakah sedikit atau banyak?

Tidak tanggung-tanggung, ternyata per tanggal 13 Oktober tahun 2008, LPS berani menjamin simpanan nasabah sampai 2 Milyar, dan itu untuk 1 nasabah.

Jika memang seorang nasabah punya beberapa investasi pada 1 bank yang sama, dalam proses penghitungan yang dijamin, adalah jumlah semuanya. Jadi tetap pada batasan 2 milyar itu.

6. Cocok untuk yang tidak punya tunai banyak tapi ingin investasi emas

Banyak orang tahu kalau sekarang ini investasi emas merupakan pilihan yang jitu. Tetapi tidak sedikit orang yang kekurangan modal untuk investasi emas batangan. Selain itu sekarang banyak penipuan emas batangan. Di mana menggunakan bahan campuran tidak murni emas seluruhnya.

Karena itu jika ingin investasi emas kamu bisa terlaksana, dan dijamin mendapatkan emas yang asli nantinya setelah cicilan beres semua, kamu bisa menggunakan layanan cicil emas Bank Syariah Mandiri.

BSM memang menyediakan fasilitas cicil emas dengan cicilan yang bervariasi, jangka waktu bervariasi, dan dengan layanan support yang mumpuni. Apalagi layanan bank sekelas Mandiri, sudah dapat dipastikan oke banget.

7. Ada asuransi

Jika memang masih ada rasa takut kalah ada apa-apa dengan bank Syariah Mandiri yang kamu pilih untuk tabungan logam mulia. Nanti negara yang bertanggung jawab dalam mengganti kepemilikan dari logam mulia kamu. Karena itu Bank Syariah Mandiri mempunyai persentase keamanan lebih tinggi.

8. Ahli waris

Pada BSM juga ada klausul mengenai ahli waris. Di mana kalau terjadi apa-apa, maka nanti ahli waris yang kamu tunjuk yang berhak memperoleh emas yang sudah kamu tabung tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *