Kontrak Investasi Kolektif (KIK) : UP- KIK dan KIK EBA

Kontrak Investasi Kolektif sendiri memiliki arti sebagai kontrak antara manager Investasi dengan Bank Kustodian yang mana Manager Investasi mempunyai wewenang untuk melakukan pengelolaan portofolio investasi kolektif sedangkan Bank Kustodian sendiri memiliki wewenang untuk penitipan kolektif.

Didalam Kontrak Investasi Kolektif ada istilah UP- KIK. UP KIK atau Unit Penyertaan Kontrak Investasi Kolektif adalah satuan kepemilikan terhadap aset yang dikelola oleh MI (Manajer Investasi) dengan BK (Bank Kustodian) berdasarkan fungsi dan peranan masing-masing.

Dan dalam menjalankan perannya masing- masing, baik MI ataupun BK akan terikat pada suatu kontrak yang disebut dengan Kontrak Investasi Kolektif.

Reksadana merupakan salah satu UP KIK yang paling populer, sebab Reksadana sendiri merupakan wadah KIK yang paling banyak membantu masyarakat untuk mengakses dan melakukan investasi dalam Intrusment Investasi dengan mudah dan cepat. Selain Reksadana adapula KIK EBA.

Apa itu KIK EBA ?

EBA sendiri adalah Efek Berangun Aset yang mana berarti sebagai efek yang diterbitkan oleh KIK EBA dengan portofolio yang terdiri dari aset keuangan seperti tagihan kartu kredit, pemberian kredit dan berbagai surat komersial yang berharga lainnya.

Kontrak Investasi Kolektif Efek Berangun Aset atau KIK EBA ini pada dasarnya sama saja seperti Reksadana yaitu sebagai salah satu KIK yang banyak membantu masyarakat dalam melakukan investasi ke beberapa instrumen yang ada pada pasar investasi.

Apa saja Manfaat KIK EBA ?

Sebagai Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang sangat banyak membantu masyarat dalam berinvestasi, tentunya KIK EBA memiliki berbagai manfaat yang menguntungkan bagi masyarakat seperti :

  • Dengan KIK EBA bisa membuat kamu memiliki kontribusi lansung terhadap sektor perumahan khusus serta perkembangan sektor riil secara umum.
  • Imbal yang diperoleh biasanya lebih tinggi daripada obligasi
  • Sebagai alternatif investasi terhadap surat- surat berharga dengan menawarkan rating terbaik, tenor yang aman dengan jangka waktu yang panjang, serta membantu untuk meminimalisir resiko.

Selain manfaat KIK EBA di atas, secara umum Manfaat Kontrak Investasi Kolektif adalah untuk memudahkan segala aksesibilitas dalam berinvestasi dalam instrumen investasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *