Pentingnya melakukan Investasi Jangka Panjang

Sebuah prinsip yang selalu dipakai oleh banyak pengusaha sukses di luar sana ialah lebih baik menginvestasikan kekayaan daripada menyimpan kekayaan. Itulah kenapa sebuah Investasi perlu dilakukan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sukses, khususnya dari segi keuangan.

Salah satu Investasi yang banyak dilakukan oleh para pengusaha yaitu Investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang adalah Investasi yang dilakukan terus dengan daya yang bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu, sekurang- kurangnya lebih dari satu tahun.

Disebut lebih menguntungkan sebab Investasi ini lebih mengutamakan keuntungan untuk waktu yang panjang. Sebelum kamu melakukan Investasi ini, alangkah baiknya jika kamu memahaminya terlebih dahulu.

Apa yang dimaksud dengan Investasi Jangka Panjang ?

Selain pengertian di atas, Investasi jangka panjang adalah investasi yang diartikan sebagai penanaman modal kepada perusahaan ataupun perorangan untuk memperoleh keuntungan yang tetap atau secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Akan tetapi, walaupun bisa dibilang akan memperoleh keuntungan, waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh keuntungan tersebut juga tidaklah sebentarnya. Bahkan paling cepat sekitar satu tahun.

Apa saja tujuan investasi jangka panjang ?

Selain memperoleh keuntungan untuk jangka waktu yang panjang, keuntungan dari investasi jangka panjang adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengendalikan perusahaan atau pun perorangan dengan memiliki sebuah hak atas sebuah usaha
  • Untuk mengarahkan dana khusus seperti dana untuk social ataupun dana untuk ekspansi sebuah perusahaan
  • Untuk mengurangi adanya persaingan antara perusahaan yang bergerak di bidang yang sama
  • Untuk memperoleh pendapatan pasif, misalnya dengan adanya uang sewa, bunga, deviden ataupun royalty.

Contoh kegiatan investasi jangka panjang yang mungkin pernah kamu dengar yaitu investasi properti, misalnya seseorang yang sudah memiliki banyak rumah kemudian dia terus menghabiskan kekayaannya untuk membeli rumah ataupun apartment.

Akan tetapi setelah beberapa tahun kemudian dia menjual rumah tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari harga sewaktu dia membelinya, dan dia juga memanfaatkan rumah lainnya sebagai tempat usaha dan menyewakannya kepada orang lain.

Sehingga dia mendapatkan keuntungan dan penghasilan tetap dari rumah- rumah yang pernah dibelinya beberapa waktu lalu.

Intinya tujuan dari investasi jangka panjang adalah untuk memperoleh penghasilan tetap dalam jangka waktu yang panjang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *