Perbedaan Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja

Kurangnya pengetahuan mengenai masalah keuangan dan perekonomian, membuat banyak masyarakat umum yang tidak tahu mengenai perbedaan kredit investasi dan kredit modal kerja.

Bahkan banyak dari mereka yang menganggap kredit modal kerja dengan kredit investasi adalah jenis kredit yang sama. Padahal faktanya kedua jenis kredit ini sangatlah berbeda.

Apa saja perbedaan Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja ?

Kredit modal kerja sendiri adalah utang yang digunakan untuk membiayai penambahan barang ataupun modal kerja guna untuk mengembangkan usaha yang sudah ada. Kredit modal kerja juga bisa dicicil dalam jangka waktu yang panjang sesuai dengan batas kemampuan kamu saat mengajukan kredit.

Sedangkan kredit Investasi mempunyai pengertian sebagai utang yang memiliki periode pengembalian dengan jangka waktu menengah ataupun panjang. Kredit jenis ini dapat diajukan untuk membiayai barang atau menambah modal dalam rangka untuk pendirian usaha atau sebuah proyek baru.

Jadi kesimpulannya, Kredit Modal kerja bertujuan untuk menambah modal untuk melakukan pengembangan usaha, sedangkan kredit investasi ialah untuk memulai usaha atau proyek baru.

Bagaimana cara mendapatkan Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja  di Bank ?

Jika kamu ingin mengajukan kredit Investasi di Bank Konvensional, syarat berikut ini wajib kamu ikuti :

  1. Mempunyai feasibility Study
  2. Mempunyai Izin Usaha ( SIUP, SITU, TDP, dll)
  3. Periode maksimal kredit 15thn
  4. Agunan untuk kredit merupakan usaha yang dibiayai.

Sedangkan syarat- syarat untuk mendapatkan Kredit modal kerja yaitu :

  1. Mempunyai usaha yang layak untuk didanai
  2. Mempunyai Izin Usaha (SIUP, SITU, TDP, dll)
  3. Tenor kredit paling lama 1tahun
  4. Jaminan Usaha yang didanai
  5. Agunan tambahan jika diperlukan (berdasarkan penilaian bank)

Itulah beberapa perbedaan kredit investasi dan kredit modal kerja yang banyak tidak diketahui oleh sebagian masyarakat termasuk pihak pengusaha sendiri, yang biasa menggunakan jenis-jenis kredit tersebut.

Pada umumnya memang tidak terlihat banyak perbedaan, akan tetapi perbedaan tersebut sangat berpengaruh, karena bunga yang dikenakan sangat berbeda berdasarkan jenis kredit yang dilakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *