Seberapa besar pengaruh Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara?

Investasi merupakan kegiatan penanaman modal yang bertujuan untuk menambah aset keuangan dengan memperoleh banyak keuntungan.

Sementara ekonomi sendiri merupakan poin penting yang memiliki kendali atas tatanan dunia secara global. Oleh sebab itu pengaruh Investasi terhadap pertumbuhan ekonomi dunia sangatlah besar.

Bagaimana Investasi bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi?

Dalam Ilmu ekonomi, Ekonomi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap suatu wilayah baik itu daerah maupun negara. Bahkan Maju tidaknya suatu negara biasanya sering kali diukur dari seberapa majunya pertumbuhan ekonomi dari negara tersebut.

Pertumbuhan ekonomi akan berjalan jika berperannya sebuah strategi yaitu dengan adanya pembentukan Modal, disinilah peran sebuah Investasi. Dengan adanya investasi yang berarti banyak modal yang telah ditanamkan oleh para investor dunia  maka akan membantu perekonomian dalam bentuk stok modal.

Salah satu contoh dari pengaruh investasi terhadap pertumbuhan ekonomi yang ada di sebuah negara contohnya Indonesia yaitu dengan banyaknya perusahaan asing yang mana banyak sekali penanaman modal yang dilakukan oleh para investor terhadap perusahaan tersebut.

Perusahaan dengan penanaman modal yang besar akan menjadi perusahaan yang besar pula, dengan begitu pajak yang dihasilkan dari perusahaan tersebut pun juga besar. Penghasilan pajak merupakan contoh lansung dari dampak hasil investasi terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Manfaat Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi negara

Saat ini pertumbuhan Ekonomi negara sangat banyak dipengaruhi oleh investor- investor asing tak terkecuali di Indonesia sendiri. Dengan banyaknya Investasi asing di suatu negara dianggap mempunyai banyak manfaat seperti :

  1. Investasi abisa membuat banyak perusahaan baru yang akan memperluas pasar serta mengembangkan teknologi lokal yang baru
  2. Dapat meningkatkan daya saing terhadap Industri Ekspor serta diharapkan dapat membantu meransang Ekonomi lokal melalui sektor keuangan dan sektor jasa atau pelayanan
  3. Seperti yang disampaikan di atas, dengan adanya Investasi asing dapat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan pajak serta menambah pendapatan nasional, bahkan untuk memperkuat nilai mata uang terhadap pembiayaan impor.

Selain 3 manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat dari kegiatan Investasi yang membuktikan bahwa besarnya pengaruh investasi terhadap ekonomi negara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *