Mencari uang tambahan dengan mengisi Sensus Penduduk Online 2020

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menganjurkan seluruh warga negaranya agar lebih baik #DiRumahSaja selama setidaknya 14 hari. Memang kalau mau mengkritik dan berkomentar, bakal tidak ada habisnya. Setidaknya, kita bisa memilih untuk patuh dan menjadi warga negara yang baik.

Nyepi di rumah aja, tak terkecuali saya, kadang bisa bosan. Tentu saja, konten kreator lain sudah beramai-ramai memberikan rekomendasi apa-apa saja yang bisa dilakukan saat berdiam di rumah dalam waktu yang lama. Selain yang standar-standar seperti maraton film dan series, saya kepikirannya ya untuk melaksanakan kewajiban (?) sebagai warga negara: mengisi Sensus Penduduk dan SPT.

Pengalaman mengisi SP2020 Online

Pemerintah sudah banyak berbenah. Load page nya kenceng. Situsnya bisa Anda buka di sensus.bps.go.id. Hanya butuh satu perwakilan anggota keluarga (1 NIK) agar bisa mengisi sensus untuk seluruh anggota keluarga dalam 1 KK.

Saat mengisi, ada beberapa pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, jadi ya tanya ke kepala keluarga dulu. Secara keseluruhan, saya menghabiskan waktu tidak sampai 10 menit untuk pengisian 1 KK dengan 5 anggota keluarga.

Terus, dapat uang tambahannya dari mana?

Ini kan batas terakhir pengisian SP2020 Online tuh 31 Maret 2020 (gak tahu lagi ya kalau bakal ada perpanjangan waktu mengingat adanya pandemi). Saya tanya ke beberapa teman saya (yang sama-sama bukan merupakan kepala keluarga) dan mereka tidak tahu menahu kalau ada SP2020 Online. Tentu saja, sekalian saya ingatkan, dan berseloroh:

Coba kalau emang mau ngisiin sensus buat keluargamu, minta uang saku deh ke kepala keluarga. Hehe.

Singkatnya, kalau mau, Anda bisa membantu mengisikan sensus online-nya siapa saja, kenalan Anda, dan kemudian Anda mintai tarif. Tarifnya bisa dipatok sesuai kebutuhan, dan tergantung dari latar belakang keluarga tersebut tentunya. Sebagai contoh, ya setara segelas boba atau es kopi kekinian, lah.

Kalau mau diseriusi, ya bisa riset tarif pasaran untuk entri data… Karena ngisi sensus online ini kan bisa dikategorikan sebagai freelance entri data. Gimana cara risetnya? Buka aja situs-situs pekerja lepas seperti projects.co.id.

‘Kerjaan’ sampingan ini tentu saja bisa dilakukan dari rumah sambil rebahan.

Kalau keluarganya tergolong menengah ke bawah, ya bantuin ngisiin aja gratis. Berbuat baik tuh gak rugi, kok.

Semoga selorohan ide saya ini bisa menginspirasi ya. Maaf sebelumnya, kalau kesannya mengambil kesempatan dalam kesempitan. Namun, rasa-rasanya, ini lebih win-win solution ketimbang pedagang masker dan hand sanitizer dadakan yang cari cuan-nya gak masuk akal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *