Trik investasi emas di Pegadaian yang dapat kamu coba

Ini dia rahasia trik investasi emas di Pegadaian. Investasi logam mulia yang satu ini memang sangat dianjurkan karena harganya stabil dan cenderung naik setiap tahunnya. Bagi kamu yang berminat membeli emas bisa ke Pegadaian, karena terpercaya, dan pada kesempatan artikel kali ini akan kami bagikan sedikit tips trik untuk kamu.

Yuk langsung aja!

Trik investasi emas di Pegadaian

Sebelumnya akan kami jelaskan bahwa di artikel kali ini berfokus pada trik-trik supaya investasi emas kamu di Pegadaian menghasilkan, dan bukan teknik-teknik mendaftar ya.

Untuk step by step mendaftar kamu bisa check artikel kami yang lainnya.

1. Menentukan tujuan investasi emas

Di manapun kamu investasi emas, termasuk di Pegadaian kamu harus menentukan apa tujuan kamu dalam investasi emas. Dengan begitu kamu akan bisa menentukan juga ingin mengambil waktu investasi berapa lama.

Pastikan kalau kamu sudah mempunyai tujuan, jangan investasi emas hanya ikut-ikutan teman saja. Atau karena merasa malu teman-teman punya investasi sedangkan kamu tidak. Sebab perencanaan harus dibuat dengan sesempurna mungkin.

Jika kamu tidak memiliki tujuan investasi dari awal, maka kami menyimpulkan kalau investasi yang hendak kamu jalankan itu tidak kamu lakukan dengan serius. Biasanya nanti kalau kamu kepepet uang, alhasil dijual lagi sebelum waktu jatuh tempo. Padahal seharusnya investasi emas ini tujuannya jangka panjang, tidak bisa langsung dijual dalam waktu dekat.

2. Memilih jenis emas

Terdapat beberapa macam jenis emas yang ditawarkan di Pegadaian. Trik supaya investasi kamu sukses adalah mengetahui jenis emas yang mana yang ingin kamu pilih sebagai lahan investasi.

Salah satu contoh adalah emas yang dalam bentuk perhiasan dan bukan emas batangan. Kamu harus tahu kalau perhiasan itu walaupun dibuat menggunakan bahan logam mulia emas, tetapi bukan bagian investasi.

Apa alasannya?

Itu karena kamu harus menanggung biaya pembuatan perhiasan yang tidak murah. Selain itu emas dalam bentuk perhiasan harga jualnya akan turun. Karena itu jika ingin investasi emas maka yang paling cocok untuk dipilih adalah yang bentuk koin dan emas batangan.

Tidak hanya di Pegadaian, di semua Bank Syariah yang menawarkan investasi emas, juga menggunakan emas batangan dan bukan perhiasan emas.

3. Pilih emas bersertifikat

Selanjutnya, yang juga jangan sampai kamu lewatkan. Kamu sebaiknya memilih emas yang memiliki sertifikat. Karena emas yang bersertifikat ini dapat dijual dengan mudah karena diterima di mana-mana. Memang emas termasuk komoditi yang likuid tetapi akan lebih likuid lagi jika disertai sertifikat, mungkin begitu ya istilah yang tepat untuk menggambarkan kondisi ini.

Selain itu keuntungan kalau kamu memiliki emas yang ada sertifikatnya adalah dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi. Jika kamu tidak percaya kamu bisa coba ke pegadaian untuk menjual emas, bandingkan harga jualnya antara emas yang bersertifikat dan yang tidak, mana yang lebih mahal.

Kalau dalam bentuk perhiasan. Itu tergantung pada modelnya. Kalau modelnya masih disukai maka lebih mudah untuk dijual. Karena itu kami tidak menyarankan investasi pada perhiasan emas, lebih baik yang batangan atau koin saja.

4. Jangan gunakan uang dapur

Jangan pernah sekali-sekali investasi tabungan emas di Pegadaian menggunakan uang dapur atau uang panas. Istilah untuk uang yang kamu pakai untuk makan sehari-hari. Karena dalam jangka waktu pendek harga emas bisa naik turun, tetapi dalam jangka panjang naik.

Jadi kalau tabungan emas Pegadaian hanya untuk jangka pendek, besar kemungkinan kamu akan merugi karena faktor spread / selisih harga emas tersebut. Belum lagi dipotong biaya administrasi dan lain-lain di Pegadaian. Bisa-bisa bukannya untuk malah buntung.

Kalau untuk jangka panjang maka faktor resiko pun jadi sangat kecil.

5. Kalau daftar online pastikan bukan situs Pegadaian palsu

Ingat! Jaman sekarang penipu sudah semakin canggih, tidak hanya penipuan di India yang bahkan memiliki kantor call center sendiri.

Tetapi di negara Indonesia pun juga ada penipu yang membuat website yang persis sekali dengan website aslinya. Namun memiliki URL yang berbeda.

Bisa jadi kalau kamu mendaftar melalui link yang palsu seperti itu, kamu masuk dalam website phishing. Ini adalah sebutan untuk website yang mencuri data-data pengunjung. Jadi nanti setelah kamu mengirimkan data-data vital seperti nomor KTP, kemungkinan dokumen, dan lain-lain. Nanti data-data itu bisa disalahgunakan oleh penipu.

Wah gawat dong? Terus bagaimana cara untuk menghindari penipuan jenis ini?

Mudah sekali. Yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui mana URL situs Pegadaian yang asli. Dan ini dia yang asli: https://www.pegadaian.co.id. Kalau untuk produk mereka yang investasi emas silahkan ikuti link ini: https://www.pegadaian.co.id/produk/tabungan-emas.

Selain yang itu maka dapat dipastikan kalau palsu.

6. Hindari gagal bayar cicilan investasi emas Pegadaian kamu

Yang keenam ini sudah sering dilakukan oleh orang-orang. Rata-rata karena mereka tidak mempersiapkan dengan matang. Kalau sampai kamu gagal bayar cicilan maka akan sangat merugikan.

Sekali lagi ingat kalau investasi emas di manapun, itu adalah investasi jangka panjang.

Pastikan kalau kamu memiliki penghasilan tetap untuk membayar cicilan. Contohnya kalau kerja freelance, pendapatan tidak tetap, maka kamu harus berpikir dua kali sebelum mengambil produk tabungan emas ini.

Apa faktor penyebab banyak orang gagal membayar cicilan?

Jawabannya mudah, rata-rata karena kesalahan dalam memperhitungkan jangka waktu pembayaran. Di mana kalau jangka waktu pembayaran lebih lama maka cicilan yang harus kamu bayarkan pun jadi lebih kecil. Sehingga tidak terlalu berat. Ini harus masuk dalam perencanaan dan perhitungan awal kamu.

Kecuali yang kredit emas arisan ya. Karena ini jumlah orang yang ikut dalam investasi, dengan kata lain ikut mencicil, jumlahnya lebih banyak. Sehingga bisa gotong royong. Tetapi tetap saja jangka waktu pembiayaan harus diperhatikan.

Ya intinya disesuaikan dengan situasi dan kondisi penghasilan masing-masing pihak yang terlibat…

7. Ikuti prosedur yang ada

Pegadaian sudah mempunyai system yang bagus, dan menawarkan produk investasi emas yang aman. Sudah banyak orang yang ikut. Karena itu systemnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Jadi kamu cukup mengikuti system mereka jika ingin investasi emas juga. Pelajari prosedur yang harus kamu ikuti. Mulai dari dokumen-dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan, jumlah cicilan, dan bagaimana syarat mengambil emas yang diinvestasikan.

Kamu jangan memaksa apabila melanggar peraturan. Ikuti prosedur yang ada, dan nanti kamu akan mendapatkan hak kamu.

Rata-rata investor baru banyak yang merasa lebih pintar. Baru pertama kali investasi emas di Pegadaian. Kemudian misalkan tidak melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Akhirnya marah-marah karena investor tersebut tidak diterima dalam tabungan Emas. Di sini salah siapa? Pastinya bukan salah Pegadaian. Walaupun terdengar sepele, tetapi penting untuk keberhasilan investasi emas di Pegadaian.

~Stef

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *